Tuesday, December 10, 2013

Everything About Bacan

Batu Bacan (biyan ardha collections) dari yang masih ada hitam-hitamnya sampai kristal)

Bacan atau Chrysocolla adalah batu asli dari indonesia tepatnya di pulau Bacan, Halmahera.
Masyarakat china dan Taiwan mengklaim batu Bacan sebagai Batu Giok Taiwan. Mereka percaya batu bacan ini membawa keberuntungan bagi pemakainya. Pulau Bacan sejak tahun 90-an sudah di explore habis-habisan dan hingga kini 2013 banyak kalangan pecinta batu di indonesia susah untuk mendapatkan batu bacan yang berkualitas karena minim nya persediaan dan adanya larangan untuk mengexplorer pulau bacan. Dikarenakan hal tersebut harga batu bacan sangat tinggi hingga puluhan juta rupiah dan di cari oleh para kolektor.

Jenis-Jenis Batu Bacan :

  1. Bacan Palamea, di namakan bacan palamea karena terletak di pulau palamea kepulauan Halmahera maluku. Ciri-ciri : Berwarna Biru kalau yang belum kristal biasanya tidak tembus dan adanya flek-flek hitam. Flek hitam akan hilang dengan sendirinya oleh karena itu bacan disebut sebagai batu hidup dikarenakan adanya perubahan-perubahan pada batu tersebut.
  2. Bacan Doko, di namakan bacan doko karena terletak di pulau doko kepulauan Halmahera Maluku. Ciri utamanya berwarna hijau. Flek-flek yang ada di bacan doko biasanya berwarna coklat, warna coklat tersebut adalah zat kapur yang akan hilang juga selama proses kristalisasi


Chrysocolla
meningkatkan kesadaran yang peka terhadap lingkungan sekitar saat berkarya mencapai tujuan ; meningkatkan motivasi dan tekad secara jernih dan tidak merugikan orang lain ; mengurangi kegugupan dan sifat mudah marah ;  bila digunakan pada chakra tenggorokan akan membantu ekspresi verbal yang jujur dari dalam hati ; mengurangi infeksi khususnya pada tenggorokan dan amandel ;  menyejukkan tubuh,  menurunkan tekanan darah, dan meringankan luka terbakar ; mengontrol fungsi kelenjar thyroid, membersihkan dan memperkuat hati ; mengatasi kram.



No comments:

Post a Comment